H. Ajan: Untuk Memutus Mata Rantai Virus Covid-19, Pemdes Cipayung Lakukan Penyemprotan Disinfektan

SPB - Mar 24, 2020 14:58:18

KAB. BEKASI, SINARPAGIBARU - Untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19 butuh antisipasi dan langkah cepat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19).

Salah satunya yang dilakukan H. Ajan Kepala Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Langkah pencegahan penyebaran virus covid-19 dengan melakukan penyemprotan menggunakan cairan Disinfektan ke Sekolah-sekolah, Masjid, Mushola dan Pos Yandu yang ada di lll Dusun.

"Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kami pemerintahan Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur sangat serius dalam pencegahan virus Covid-19. Agar warga kami terhindar dari virus Covid-19. Sebagai mana dengan himbawan pak Bupati Bekasi bahkan himbawan pak Presiden" ungkap H. Ajan kepada sinarpagibaru.id Selasa 24/03/2020 di lokasi giat penyemprotan Disinfektan.

Menurutnya, dirinya saat ini sudah mempersiapkan cairan Disinfektan sebanyak 100 liter lebih, yang cara pemakaiannya, setengah liter Disinfektan bisa ditambah air sebanyak 50 liter.

"Hari ini saya akan mulai melakukan penyemprotan. Di utamakan di Sekolah-sekolah, Masjid, Mushola, Pos Yandu, Kantor Desa, Aula Desa, BPD, Puskesmas dan dilanjutkan ke area pemukiman warga di lll Dusun. Sebelumnya memang lebih awal sudah dilakukan penyemprotan cairan Disinfektan oleh RT masing-masing" kata H. Ajan.

Masih menurutnya, penanganan dan pencegahan virus Covid-19 harus segera dilakukan sebelum terjadi di warga Desa Cipayung. Dirinya menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada.

"Segala bentuk antisipasi harus kita  lakukan, agar warga kami terhindar dari ancaman virus Covid-19 yang mematikan tersebut. Saat ini Pemdes Cipayung kerjasama dengan Kepala Puskesmas Cipayung untuk sama-sama melakukan upaya preventif. Kami selaku Kepala Desa Cipayung menghimbau kepada masyarakat jangan panik, tapi harus tetap waspada tidak boleh lengah" ucap himbawannya.

Ditempat yang sama, dikatakan H. Yusuf Kurniawan, S.Kep Kepala Puskesmas Cipayung Kecamatan Cikarang Timur, dirinya sudah membuat surat edaran dan sudah disebar luaskan ke masyarakat dan ke beberapa Group WatsApp.

"Surat edaran tersebut yaitu, dalam rangka pencegahan penularan COVID-19, kami menghimbau kepada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cipayung agar mengurangi aktifitas keluar rumah" kata Yusuf Kurniawan.

Ini beberapa poin dalam surat edaran. 1. Pelayanan UPTD Puskesmas Cipayung seperti biasa

2. Selama kegiatan yang melibatkan banyak massa seperti posyandu, posbindu, penyuluhan, senam bersama dan sejenisnya dihentikan sampai arahan selanjutnya.

3.Tidak Mengunjungi Puskesmas kecuali sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang tidak dalam kondisi DARURAT dan MENDESAK agar dapat DITANGGUHKAN sementara waktu hingga 14 hari ke depan guna meminimalisir penyebaran infeksi.

4. Pelayanan gigi dan mulut khusus untuk tindakan gigi ditunda atau dijadwalkan ulang untuk menghindari resiko infeksi silang antara petugas dan pasien.

5. Menginformasikan dan mengajak masyarakat untuk tetap tenang, diam di rumah, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bergizi seimbang dan selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Jika terpaksa keluar rumah harap menggunakan masker.

Apabila ada yang  ingin dikonsultasikan dan ditanyakan,  bisa  menghubungi Call Centre kami di : 0821-1070-6436 Melalui WhatsApp/Telepon/SMS. (sr/bd)

Berita Terkait