Era Pandemi, Komisi II DPR RI Siap Dukung dan Sukseskan Program Kementerian ATR/BPN

SPB - Jun 27, 2020 10:30:43

JAKARTA, SINARPAGIBARU- Saat ini, kita tengah dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Guncangan dampak dari pandemi ini juga sangat terasa dalam jajaran pemerintahan, di mana akses pelayanan publik dihadapkan pada tantangan tetap terjaganya kualitas layanan publik yang prima. Namun, di sisi lain juga tetap harus memperhatikan aspek keselamatan penyedia dan pengguna layanan melalui penerapan social distancing, physical distancing serta protokol pencegahan Covid-19 lainnya.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tetap fokus melanjutkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada masa pandemi Covid-19 ini. "Kita tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pendaftaran seluruh bidang tanah di Indonesia pada tahun 2025," ujar Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil pada kegiatan Talkshow Pelayanan Pertanahan Era Pandemi dengan TVRI Jawa Tengah melalui Teleconference, Rabu (24/06/2020).

"Kemungkinan memang ada pelambatan dikarenakan adanya keterbatasan ruang gerak akibat pandemi Covid-19 dan juga realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Namun PTSL harus terus dilaksanakan untuk memastikan agar masyarakat mendapat jaminan hak atas tanah yang dimiliki, memberi kepastian hukum, memberikan kepastian untuk investasi dan mempercepat proses perekonomian karena sudah jelas dan ada kepastian yang nyata," katanya.

Lebih lanjut, Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa inovasi pelayanan publik harus mampu beradaptasi dengan hambatan, tantangan dan gangguan yang dihadapi dalam masa tertentu. "Kami terus berupaya memperbaiki pelayanan pertanahan. Hari ini saya bisa katakan Kementerian ATR/BPN sudah lebih baik, pelayanan di kantor sudah cepat, tepat dan akurat, sudah berkurang juga praktik pungli," tambahnya.

Sejalan dengan itu, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Arwani Thomafi menjelaskan bahwa Komisi II sudah melakukan rapat dengan Kementerian ATR/BPN. “Pada rapat kemarin kami sepakat membentuk tim yang akan bertugas memberikan respon dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat yang masuk ke Komisi II dan menampung segala aspirasi dan masukan masyarakat yang sangat mendukung program PTSL ini. Kami berharap di tengah pandemi ini Kementerian ATR/BPN tetap dapat maksimal menyukseskan program ini," jelasnya. 

Komisi II DPR RI yang mempunyai ruang lingkup tugas di bidang Pertanahan dan Reforma Agraria juga terus mendukung program-program yang sedang digagas oleh Kementerian ATR/BPN yang merupakan mitra kerja Komisi II. "Saya kira banyak hal yang harus disiapkan di era pandemi ini, kita tetap akan membantu Kementerian ATR/BPN sesuai amanah Presiden Jokowi yang diberikan kepada Pak Menteri mengenai PTSL yang tidak berhenti di tengan jalan dan saya berharap pandemi ini tidak mengurangi dan memperlambat pelayanan kepada masyarakat terkait permasalahan pertanahan," tambahnya.

Menutup acara, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi II DPR RI atas dukungan dalam menyukseskan program-program Kementerian. "Terima kasih dukungan Komisi II selaku partner Kementerian ATR/BPN dan kami akan terus mengharapkan itu, kami juga akan terus berupaya memperbaiki pelayanan pertanahan bagi masyarakat." tutup Menteri ATR/Kepala BPN. (Gtg)

Berita Terkait