X
 


Ditjen PPRPT Dukung Pelatihan Penulisan Berita Jurnalistik

SPB - Sep 05, 2019 20:29:04

SINARPAGIBARU, BOGOR- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah (PPRPT), melaksanakan pelatihan penulisan berita jurnalistik. Pelatihan ini dalam rangka mendukung program strategis Kementerian ATR/BPN khususnya Ditjen PPRPT di Hotel Aston, Bogor, Senin (02/09).

Direktur Penertiban Pemanfataan Ruang dan Penguasaan Tanah Andi Renald, menjelaskan jika kegiatan ini memiliki manfaat. "Diharapkan pelatihan ini kita dapat belajar bagaimana penyampaian citra dari Kementerian ATR/BPN kepada publik, sehingga nantinya kita dapat menjadi penyambung lidah dari Kementerian ini," ujar Andi Renald. 

Materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut diantaranya, teknik menulis berita dan membuat siaran pers, yang mengandung unsur 5W-1H, dan penyampaian materi disampaikan baik secara teori maupun praktik.

Materi ini dipaparkan oleh Redaktur Eksekutif Tempo.co Elik Susanto. Materi lain yang diberikan pada kegiatan tersebut, terkait penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia yang tepat dan kalimat yang efektif.

Salah seorang peserta, Agil berpendapat, sangat penting untuk belajar penulisan jurnalistik. "Sebagai bagian dari tim reportase Ditjen PPRPT, bisa belajar bagaimana menulis berita yang informatif dan menarik. Menjadi bekal untuk menjembatani informasi kegiatan yang ada di Ditjen PPRPT," kata Agil di sela acara.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 2-4 September 2019, diikuti oleh 26 peserta. Diharapkan peserta dapat menerapkan kaidah-kaidah jurnalistik, sehingga dapat membangun persepsi dan citra positif bahwa Kementerian ATR/BPN kini lebih baik. (Gtg)