Didalam Penjara, Warga Binaan Lapas Perempuan Jakarta Memproduksi Kue Donat Goreng

SPB - Nov 25, 2021 16:36:08

SINAR PAGI BARU - JAKARTA.

Menjalani kehidupan di balik jeruji besi tak menyurutkan niat warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta untuk selalu produktif dan terus berkarya.

Salah satunya dengan memproduksi kue donat goreng di dalam lingkungan lapas meski untuk pemasaran.

Suasana berbeda tampak di ruang tata boga Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta. Dimana seorang napi berseragam, sejak pagi telihat sibuk dengan adonan tepung untuk membuat donat di balik ruang tata boga Lapas.

Meski sedang menjalani kehidupan di dalam penjara, tak menyurutkan niat warga binan untuk terus produktif dan berkarya agar kelak saat keluar dari Lapas dan menikmati udara bebas, maka dapat memiliki bekal untuk menyambung hidup.

Mulai dari proses adonan hingga pengemasan dan penjualan dilakukan oleh para napi produktif tersebut. 

“Saya sangat senang diberikan kesempatan berkarya, meski sedang menjalani masa hukuman di dalam penjara. Sehingga dapat mengasah kemampuan sebagai bekal nanti saat bebas,” kata Koki Donat, Inka selaku warga binaan.

Sementara itu, Kalapas Perempuan Jakarta Herlin Candrawati menjelaskan, para tangan terampil ini sebelumnya telah mendapatkan pelatihan yang diselenggarakan Lapas bekerja sama dengan salah satu lembaga pelatihan. 

Tujuannya untuk memberikan bekal bagi para napi agar dapat berkarya meski di dalam jeruji besi.

“Salah satunya, pelatihan tata boga. Mulai dari pembuatan kue dan aneka masakan. Sehingga para napi yang memiliki hobi memasak dapat tersalurkan serta nantinya dapat dibuat bekal di kehidupan setelah bebas,” kata Herlin.

(Berkam)

Berita Terkait