X
 


Desa Mundu Mesigit di Cirebon Sibuk Bangun Infrastruktur

SPB - Jul 01, 2018 04:05:34

CIREBON, SPB - Pemerintahan Desa Mundu Mesigit bersama lembaga dan masyarakatnya sedang sibuk dengan pembangunan infrastruktur. Hal ini terlihat dari adanya perbaikan-perbaikan jalan, sarana pendidikan, layanan kesehatan, irigasi dan lain sebagainya, hingga Desa Mundu agak berbeda dari sebelumnya.

Desa Mundu Mesigit adalah salah satu desa di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon yang memiliki wilayah geografis yang luas. Pemerintahan desa ternyata memiliki komitmen kuat untuk membangun berbagai sarana dan prasarana wilayahnya.

Belakangan diketahui bahwa pemerintah desa memanfaatkan dan memberdayakan semaksimal mungkin dana yang bersumber dari Dana Desa (DD) Pusat, Bantuan Provinsi (Banprov), Anggaran Dana Desa (ADD) serta dana Sarana Prasarana (Sapras) yang diterima langsung oleh pemerintahan desa.

Menurut Kepala Desa Mundu Mesigit, Rodyiah saat ditemui mengatakan, seluruh bantuan dana pembangunan dari pemerintahan pusat maupun daerah tahun ini telah diserap secara maksimal dan digunakan sesuai peraturan pemerintah dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita buat transparan dalam penggunaan anggaran tersebut agar segenap warga masyarakat desa juga bisa mengetahui dan melihat hasilnya”, ungkap Rodyiah.

Dengan dukungan lembaga desa, serta seluruh elemen masyarakat, pemerintahan desa dengan tim pengelola kegiatan dari mulai perencanaan dan pengalokasian dana bantuan dari berbagi sumber anggaran seperti pengalokasian semua berjalan lancer, aman dan kondusif.

“Kita juga siap dan sangat terbuka bagi warga masyarakat, wartawan dan LSM yang ingin mengetahui secara detail kegiatan pembangunan di desa kami. Saya siap memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan Undang-Undang RI No. 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik”, ujarnya.

Ia mengatakan bahwa dirinya akan terus berusaha dan mengoptimalkan tenaga dan pikiran untuk membangunan desa serta mengambangkan potensi SDM yang ada guna bersama-sama membangun daerah.

“Saya sebagai wakil dari Pemerintahan Desa Mundu Mesigit, Kecamatan Mundu, menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintahan Pusat dan Daerah atas bantuan dana pembangunan, melalui program percepatan dan pemerataan pembangunan di kawasan perdesaan. Sehingga Desa kami bisa giat membangun secara berkelanjutan dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Diketahui memang Desa Mundu Mesigit tidak pernah terdengar ada kabar-kabar miring atas penggunaan anggaran yang diterimanya.

 

Penulis : Dudi/Redaksi.
Foto : Kepala Desa. (ist)