Desa Duren Realisasikan Dana Desa Untuk Bangun Talud

SPB - Nov 24, 2021 20:49:47

SINAR PAGI BARU, MADIUN - Pemdes Duren, kecamatan Pilangkenceng, kabupaten Madiun terus berupaya mempercepat penyerapan Dana Desa yang bersumber dari APBN sebelum akhir tahun 2021. Salah satunya adalah program pembangunan talud jalan.

Pembangunan talud jalan tersebut bersumber dari bantuan Dana Desa yang digulirkan melalui APBDes Desa Duren TA 2021 sebesar Rp.98.000.000. Masyarakat Desa Duren mulai melaksanakan kegiatan pembangunan talud jalan tersebut sebelum akhir tahun 2021, dan saat ini telah mencapai 50%. Dengan panjang talud 40 meter dengan ketinggian rata-rata 2,2 meter.

Pembangunan talud jalan tersebut menjadi salah satu pengaman badan jalan yang masih tanah asli. Untuk itu, seluruh masyarakat Dusun Selopukang saling bahu membahu dalam kegiatan pembangunan talud tersebut. Pembangunan yang dilakukan secara swakelola ini akan diselesaikan tepat waktu sesuai dengan target pengerjaannya. Hal yang sangat membanggakan adalah kerjasama yang baik antara masyarakat setempat dengan pemerintah desa Duren untuk menyelesaikan berbagai kegiatan pembangunan di desa ini.

Salah satu anggota TPK Desa Duren Samin mengatakan, “Warga sangat antusias mewujudkan talud jalan ini dengan pengerjaan swakelola. Secara umum pengiriman material berjalan lancar,” jelas Samin.

Prioritas penggunaan dana desa di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan untuk pembangunan desa, salah satunya upaya pencegahan tanah longsor dalam menghadapi musim penghujan melalui pembangunan talud serta untuk memperkuat badan jalan, terutama bila badan jalan tersebut memiliki beda tinggi dengan tanah di sekitarnya. Talud jalan Desa Duren ini merupakan jalan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh warga.

“Dengan selesainya pembangunan ini diharapkan akan mendukung kelancaran mobilitas masyarakat dan selanjutnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkas Samin. (EHP22)

Berita Terkait