Bupati Bogor Tolak Wacana Stadion Pekan Sari Lokasi Massal Rappid Test Covid-19

SPB - Mar 24, 2020 20:57:38

SINAR PAGI BARU – BOGOR.

Beberapa waktu lalu Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat Ridwan menyampaikan rencana mengenai Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor sebagai lokasi deteksi dini (rapid test) virus corona atau Covid-19. Rapid tes ini dikhususkan untuk masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor, dan Depok.

Namun Ade Yasin Bupati Kabupaten Bogor langsung menolak rencana itu dan tidak setuju jika Stadion Pakansari dijadikan lokasi tes massal Covid-19. Ia beralasan jika stadiona kebanggaan masyarakat Bogor ini dijadikan rappid test bisa menimbulkan resiko, karena akan dikunjungi ribuan orang.

Saya lebih baik menyarankan jika penanganan Covid-19 dilakukan dengan dengan sistim  Rujuk ke RSUD yang sudah ditetapkan agar lebih aman,” ucapnya di Gedung Tegar Beriman, Bogor, beberapa waktu lalu.

Selain itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah mensosialisasikan warganya agar disiplin menjaga jarak (Social Distancing) sesuai anjuran pemerintah. Ia menghimbau kepada masyarakat agar tidak keluar rumah jika tidak penting.

Untuk sementara ini ada baiknya menghindari keramaian dan kerumunan, tidak mengundang banyak massa. Menjaga kebersihan, olah raga dan selalu rajin cuci tangan dengan sabun,” terangnya.

Berdasarkan hasil keputusan rapat Pemkab Bogor, diputuskan bagi masyarakat yang ingin rappid test  Covid-19 dirujuk di RSUD Cibinong, RSUD Ciawi dan Rumah Sakit Khusus Paru Cisarua.

Rappid test ini juga untuk warga Kabupaten Bogor yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Lalu kepada Orang Dalam Resiko (ODR) dan Lingkar Dalam Positif (LDP) akan dilakukan dari pintu ke pintu. (Yuniar)

Berita Terkait