X
 


Budi Gunadi Sadikin Menjadi Menteri Paling Populer di Media Digital 2021

SPB - Sep 23, 2021 05:21:22

SINAR PAGI BARU- JAKARTA

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berhasil meraih peringkat pertama untuk kategori Terpopuler di Media Digital dari Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2021.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga memperoleh peringkat kedua untuk kategori Menteri Terpopuler di Media Digital. Hal itu disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Republik Indonesia Widyawati, Rabu (22/9/2021) dikutip dari laman resmi Kemenkes.

"Sekali lagi kami sampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh AHI. Penghargaan yang diberikan kepada Kemenkes tentunya menjadi amanah dan tantangan bagi kami agar lebih baik dalam mengelola informasi publik ke depannya," katanya.

Widyawati mengatakan capaian ini tidak terlepas dari kolaborasi dan inovasi yang dilakukan oleh insan humas Kementerian Kesehatan untuk memudahkan akses bagi seluruh masyarakat mendapatkan informasi yang akurat, aktual, terpercaya terutama seputar penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

AHI merupakan ajang kompetisi berbasis penjurian dan monitoring media untuk agenda-agenda keterbukaan informasi publik bagi semua lembaga publik di Indonesia. AHI tahun ini diikuti oleh 107 lembaga publik yang ada di Indonesia.

"Secara keseluruhan, penghargaan dibagi dalam beberapa kategori yakni kategori perguruan tinggi, BUMD dan perusahaan daerah layanan publik, BUMN, Kementerian, lembaga, pemda, serta tokoh," ucapnya.

Widyawati mengutarakan, penilaian dilakukan sepanjang 1 Januari hingga 30 Juni 2021 dari 7.015 sumber media online lokal, 962 sumber media online nasional, 2.338 sumber media online internasional serta dari media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Data ini kemudian dihimpun untuk dilakukan penilaian oleh para juri pada 26 Agustus hingga 2 September 2021.

"Kriteria penilaian terbagi menjadi 2 yakni tokoh dan organisasi. Untuk kategori tokoh berdasarkan ekspose, komunikasi, interaksi, kepemimpinan dan kebijakan, sementara penilaian organisasi mencakup ekspose, komunikasi, interaksi, kinerja dan prestasi," ungkapnya.

Ia juga menerangkan, fungsi strategis media digital tersebut dimanfaatkan sebagai sarana untuk memproduksi berbagai konten yang diharapkan mampu menjadi media edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran serta pemahaman akan pentingnya upaya pencegahan penularan COVID-19.

Asmono Wikan, Founder & CEO PR Indonesia Group juga mengapresiasi kepada seluruh instansi yang telah berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai inovasi bagi peningkatan pengelolaan informasi publik yang lebih baik.

"Kami mengucapkan selamat kepada anda para pemenang, dan juga menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada anda yang telah mengikuti Anugerah Humas Indonesia 2021," katanya.

(Nanda)