X
 


Bimtek Tahap III Menuju 100 Smart City Kembali Digelar

SPB - Sep 06, 2019 19:35:56

SINARPAGIBARU, MARTAPURA - Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap III Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Banjar.

Bimtek berlangsung selama dua hari, Selasa (3/9) hingga Rabu (4/9/2019) di aula Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM. Farid Soufian saat membuka Bimtek Tahap III, antara lain menyampaikan bahwa bimtek III berlangsung sebagai lanjutan dari kegiatan bimtek I dan II untuk menghasilkan masterplan buku III.

Pada bimtek tahap III ini, nanti akan dihasilkan Quick Win Smart City dari semua pilihan yang diusulkan akan ada dipilih sebagai Quick Win Smart City, maksimal 3 dari semua stake holder,” katanya.

Farid mengatakan Quick Win tersebut dipilih yang melibatkan semua kompenen, tidak hanya pegawai pemerintahan, tetapi juga melibatkan masyarakat dan pengusaha yang ada di Kabupaten Banjar agar seluruh kompeten dapat menjalankan program tersebut.

Dipilihnya Kabupaten Banjar sebagai salah satu dari 100 Kabupaten atau Kota yang mengembangkan konsep Smart City, Pemerintah Kabupaten Banjar sangat serius menyiapkannya.

Kita berharap bimtek tahap III, dapat menghasilkan rumusan-rumusan langkah kongkret untuk merealisasikan program Smart City yang bertujuan antara lain untuk meningkatkan pelayanan publik, menciptakan integritas, sinkronisasi dan sinergitas,” ungkap Kadis Kominfo.

Kadis Kominfo itu menyampaikan bimtek tersebut akan diselenggarakan hingga tahap IV sebagai penyempurna dari program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka Panjang.

Ia menyampaikan hasil dari seluruh bimtek Smart City tersebut akan dipresentasikan di Kementerian Kominfo RI untuk dilakukan penilaian.

Apakah memenuhi target yang mereka harapkan, mudah-mudahan kita bisa lulus dalam expose di Kementerian nanti pada bulan Oktober, dan tim Penilaian bukan hanya oleh Kementerian Kominfo. Akan tetapi, dari kementerian lainnya,” ucap Farid.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Farid Soufian meminta peserta serius mengikuti Bimtek.

Karena kami hanya sebagai fasilitator. Pelaksana Smart City ini semua satuan kerja perangkat daerah," ujarnya. (Din).