X
 


Bersama Forkopimda, Kapolres HSU Hadiri Upacara Penutupan TMMD Ke 109

SPB - Oct 22, 2020 14:45:58

SINAR PAGI BARU, KALUMANTAN SELATAN - Polda Kalsel, Polres Hulu Sungai Utara (HSU), Bertempat di Aula Idhan Khalid jalan Norman Umar Kelurahan Murung Sari Kecamatan Amuntai Tengah Kab. HSU Kapolres bersama Forkopimda HSU  hadiri penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim-1001/Amuntai Th.2020, Rabu (21/10/2020) 10:00 wita.

Upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Kodim-1001/Amuntai Th.2020 oleh Danrem 101/Antasari Brigjend. TNI Firmansyah, yang dihadiri  Direktur Bank Kalsel,  Bupati HSU Drs. H. Abdul Wahid, HK.,MM.MSi, Wakil Bupati HSU H. Husiri Abdi Lc, Dandim 1001/Amt-Blg Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, S.I.P., M.Tr(Han), Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, S.IK, Ketua DPRD Kab. HSU Almien Anshar Safari, SKM., Kajari Kab. HSU Novan Hadian, SH.MH,  Kepala Pengadilan Negeri Kab. HSU  H.Budi Winata, SH.,MH, Kepala Kemenag Kab. HSU Drs.Yusran, MM. dan unsur SKPD Kab. HSU.

Dandim 1001/Amt-Blg Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi, S.I.P., M.Tr (Han) memapaparkan laporan hasil pelaksanaan TMMD  ke-109 baik pembangunan Inprasruktur pembuatam jalanan, tempat ibadah berupa Mesjid, bedah rumah  dan lain-lainnya serta

kegiatan non fisik dititik beratkan pada penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pencegahan faham Radikalisme, bahaya  Narkoba, Siskamling, peraturan lalu lintas dll.termasuk  sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat ditujukan untuk memberikan pengetahuan guna mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut di lingkungan warga desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang Kab. HSU.

Semua itu terlaksana berkat kerja sama antata TNI Kodim-1001/Amuntai dengan, Pemda HSU, Polres HSU, Dinas Instansi terkait serta masyarakat setempat, tutur Dandim -1001/Amuntai.

Dalam sambutannya Bupati HSU diantaranya mengutarakan dalam kesempatan yang baik ini atas nama pemerintah daerah dan masyarakat HSU, kami merasa bersyukur dan bergembira atas kedatangan bapak Danrem 101/ Antasari Brigjend TNI Firmansyah beserta rombongan.  Untuk itu kami mengucapkan SELAMAT DATANG di kota Amuntai semoga kehadiran dan kunjungan bapak Danrem 101/ Antasari dapat memotivasi kami melakukan pembangunan penyelanggaraan pemerintah dan pembinaan masyarakat, tutur Bupati rasa syukur dan gembira kita untuk yang kesekian kalinya menyakbut Danrem, karena  pada hari ini kita telah selesai dan sukses dalam melaksanakan TMMD ke -109 tahun 2020 Kodim 1001 /Amuntai.

Berbagai program dan kegiatan dalam TMMD ke -109 tahun 2020 Kodim 1001/ Amt  yang di pusatkan di desa sarang burung yang masuk sebagai desa tertinggal di kab. HSU, seperti membangun jalan untuk dapat dilalui sampai ke desa Teluk Masjid, melakukan bedah rumah warga yang tidak layak huni, donor darah serta melakukan rehabilitas,  pengecatan rumah ibadah dan beberapa kegiatan lainnya seperti sosialisasi tentang covid -19 serta Peraturan Bupati HSU nomor 37 tahun 2020 semuanya dapat dilaksanakan dengan baik lancar dan sukses, ujar Bupati.

Harapan kita semua semoga TMMD ke-109 tahun 2020 Kodim 1001/ Amt yang telah di laksanakan dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan khususnya dalam upaya memberikan kemudahan meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat HSU, lanjut Bupati.

Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran TNI dalam hal ini KODAM VI/ MLW dan KOREM 101/ Antasari serta KODIM 1001/ Amt  atas Dharma Bhakti nya bagi masyarakat yang di wujudkan dalan pelaksanaan.TMMD ke-109 tahun 2020 Kodim 1001/ Amuntai dengan tema, TMMD MENGABDI UNTUK NEGERI" pungkas tutur Bupati.

Sementata dalam sambutannya Danrem 101/Antasari Brigjend. TNI Firmansyah diantaranya mengutarakan.

Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan ridho-Nya, kita dapat mengikuti Acara Penutupan TMMD ke-109 Tahun 2020 di wilayah Kodam VI/Mulawarman dalam yakni kali ini di Kab. HSU  keadaan sehat walafiat.

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 ini merupakan Operasi Bhakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan Pemda, Polri dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dalam membangun insfrastruktur serta membuka daerah yang terisolir guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kehidupan berbangsa maupun bernegara dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI dan Rakyat. ujar Danrem.

Dalam kegiatan TMMD ini kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah serta kerja keras seluruh komponen masyarakat, semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang merupakan roh perjuangan Bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara,  kemanunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh, lanjut Danrem.

Pelaksanaan TMMD tahun 2020 kali ini yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0907/ Tarakan, Kodim 0910/Malinau, Kodim 1001/Amuntai dan Kodim 1022/Tanah Bumbu mengangkat tema TMMD Pengabdian Untuk Negeri". Tema ini sejalan dengan Kebijakan Pemerintah untuk memberikan kesempatan membantu daerah-daerah yang belum tersentuh pembangunan secara merata sekaligus sebagai momentum untuk menggelorakan kembali semangat gotong-royong pada kegiatan TMMD ke-109 pencapaian sasaran pembangunan fisik telah mencapai 100 % berupa pembangunan infrastruktur pedesaan, baik pembuatan badan jalan, jembatan gorong-gorong dan bentuk pembangunan sarana dan prasarana umum, rehab rumah ibadah serta Rumah Tidak Layak Huni bagi masyarakat yang membutuhkan.

Sedangkan kegiatan non fisik  dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat dengan memberikan beberapa penyuluhan berupa KB/Kesehatan, hukum dan Kamtibmas, penyuluhan pertanian, perkebunan, perikanan, dan  peternakan dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusus kepada generasi muda sasaran kegiatan non fisik dititik beratkan pada penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pencegahan faham Radikalisme, Narkoba, sosialisasi pencegahan Covid-19 kepada masyarakat ditujukan untuk memberikan pengetahuan guna mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut di lingkungan sekitar kita, ujar Danrem.

Dengan selesainya pelaksanaan TMMD ke-109 TA 2020 pada hari ini, saya selaku Penanggung Jawab Keberhasilan Operasional TMMD (PKO TMMD) atas nama keluarga besar TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati beserta jajarannya,.Polres HSU, instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pemuka agama, media massa baik lokal maupun nasional serta semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu pelaksanaan TMMD ke-109 tahun 2020 sehingga dapat berjalan tertib dan lancar sesuai tujuan yang diharapkan.

Saya mewakili seluruh prajurit dan pribadi mohon maaf apabila selama pelaksanaan TMMD berlangsung ada prajurit yang secara sengaja maupun tidak sengaja melakukan tindakan yang kurang berkenan saat melaksanakan tugas.

Demikian amanat saya pada acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109.

Dengan mengucap Alhamdulilahirobbilalamin, pada hari ini, Rabu tanggal 21 Oktober 2020, Pukul 10.00 wita TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di wilayah Kodam VI/Mulawarman secara resmi saya nyatakan ditutup.

Sekian dan terima kasih, tutup Danrem.Kegiatan selanjutnya penandatangan naskah serah terima hasil kegiatan program TMMD ke -109 Th.2020, Penandatanganan prasasti,  Penyerahan kunci dan Al Quran kepada warga.

Selanjutnya Pelaksanaan kegiatan peninjauan ke lokasi sasaran TMMD di Desa Sarang Burung Kec. Danau Pangang Kab. HSU, yang mana dilokasi TMMD Sarang Burung rombongan Danren -101/ Antasari, Bupati, Ketua DPRD Kabm HSU, Dandin, Kapolres HSU dan Porkopimda lainya disambut Ketua DPRD Provinsi Kalsel Dr.(HC) .H. Supian HK, S.H,.M.H beserta Muspika Kec. Danau Panggang dan Kades serta warga desa Sarang Burung.

Dalam kesempatan rangkaian penutupan dan  peninjauan TMMD di desa Sarang Burung TNI dari Danrem, Bupati HSU. Damdim. Kapolres HSU dan Forkopimda HSU lainya memberikan bantuan berupa Al Quran dll. kepada warga setempat. (Din).