X
 


Balitbang Diklat Kumdil MA Luncurkan Aplikasi Sislitbang

SPB - Jan 25, 2022 21:31:59

 

YOGYAKARTA, sinarpagibaru.id – Badan Litbang (Balitbang) Diklat Kumdil Mahkamah Agung (MA) menyelenggarakan peluncururan aplikasi Sislitbang (Sistem Informasi Penelitian dan Pengembagan) pada hari Senin 24 Januari 2022 di Ballroom Hotel Novotel Suite Malioboro, Yogyakrta. 

 

Acara Peluncuran Aplikasi Sislitbang ini bersamaan dengan acara Pemaparan Kerangka Acuan Kerja Naskah Akademis tahun 2022 yang berjumlah 15 judul penelitian. Kerangka acuan kerja yang akan dipaparkan ini akan menjadi naskah akademis untuk memperkuat kebijakan sistem kamar berupa PERMA, SEMA dan SK KMA. 

 

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Andi Akram menandaskan, Sislitbang merupakan sebuah proses transformasi digital yang berisi 7 fitur utama yaitu Pengelolaan Penelitian, Pengelolaan Data dan Publikasi, Pengelolaan Kegiatan, Kalender Kegiatan, Pengelolaan Persuratan, Pengelolaan Keuangan, dan Publikasi hasil Penelitian. 

 

"Seluruh fitur ini merupakan satu rangkaian yang tak terpisahakan penelitian yang dijalankan oleh para koordinator peneliti beserta timnya," ujar Andi.

 

Kemudian, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Zarof Ricar, menyampaikan rasa syukurnya bahwa aplikasi sislitbang bisa diluncurkan dalam acara pemaparan kerangka acuan kerja Naskah Akademik tahun 2022. 

 

Dia menegaskan bahwa aplikasi ini diharapkan dapat menjadi sarana yang tepat dalam mendukung kinerja Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung untuk menghasilkan kebijakan Mahkamah Agung yang berpihak pada keadilan. 

 

Dia juga berharap, Aplikasi ini dapat berdayaguna bagi pengembangan Puslitbang dalam menghasilkan penelitian penelitian yang berkontribusi nyata bagi kebijakan Mahkamah Agung yang senantiasa mendukung para pencari keadilan untuk memperoleh keadilan.

 

Acara ini juga diisi pemaparan oleh Panitera Mahkamah Agung Ridwan Mansyur, dan Sekretaris Mahkamah Agung Hasbi Hasan yang secara garis besar mengharapkan agar Puslitbang dapat dikembangkan secara berkesinambugan ke arah yang lebih baik dengan selalu berinovasi dalam menjalankan tupoksinya sebagai the center of thinker (pusatnya para pemikir).

 

Acara ini dihadiri oleh 125 orang peserta yang berasal sebagian besar dari Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung. 

 

Dimana dihadiri oleh Para hakim agung, Para pejabat eselon satu dan dua, para para pejabat struktural, para pejabat fungsional dan seluruh warga balitbang diklat kumdil Mahkamah agung. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh warga peradilan yang ada di Indonesia secara virtual.

 

(Berkam)