X
 


Aksi Heroik Bripka Herry Vidiyanto Patut Diacungi Jempol

SPB - May 11, 2021 09:42:55

 

SINAR PAGI BARU, BANJARMASIN, POLDA KALSEL - Aksi heroik (berani) personel Polsek Banjarmasin Tengah, Bripka Herry Vidiyanto (36) Patut Diacungi Jempol.

Pasalnya berkat keberaniannya meringkus seorang pria mengamuk menggunakan parang berhasil menghindarkan pertikaian berdarah antara seorang pria dan belasan warga.

Diketahui saat itu Bripka Herry baru saja pulang dari rumah salah satu kenalannya melintas di kawasan Jalan Naga Sari Kelurahan Kertak Baru Ilir Kecamatan Banjarmasin Tengah, Sabtu (8/5/2021) sore.

Disana, ia melihat seorang pria yang menenteng dua senjata tajam dan ada keributan dengan warga sekitar tepatnya di depan Gang Bersama Dekat Expedisi Nasru.

Saat akan diamankan oleh Bripka Herry, diketahui seorang pria atas nama Erwansyah alias Iwan Ancau (41) warga Jalan Salatiga Kelurahan Teluk Dalam Kota Banjarmasin itu berusaha berontak dan mengamuk.

Waktu mau pulang saya lihat ada orang ngamuk sambil menenteng parang. Saya dekati dan saya coba ajak bicara baik-baik. Ia tak menggubris dan saat dia lengah saya coba amankan dengan cara memborgol tangannya,” ungkapnya, Minggu (9/5/2021).

Namun warga sekitar bukannya membantu, malah berusaha menyerang pelaku dengan senjata tajam dan kayu.

Padahal saat itu, Bripka Herry sudah mengaku sebagai anggota polisi dan meminta warga untuk membantunya memasangkan satu borgol ke tangan pelaku.

Bripka Herry yang berusaha mengamankan pelaku pun kewalahan. Di satu sisi ia harus mengamankan pelaku yang ditangannya menggenggam parang.

Selain itu, ia juga harus menghentikan warga yang berkali-kali berusaha untuk menyerang.

Pelaku sudah sempat saya kunci, sampai-sampai kami berdua terjatuh ke tanah. Saya sudah berteriak ke warga bawah saya polisi. Tapi warga yang emosi masih saja menyerang. Bahkan saya lupa berapa kali saya sempat terkena serangan warga,” tuturnya.

Namun akibat pelaku terus berontak, kuncian Bripka Herry kepada pelaku terlepas dan mengakibatkan ia terkena sabetan parang pelaku pada bagian kaki.

Setelah terlepas, pelaku akhirnya kabur dengan dibonceng seorang wanita yang tak lain adalah istri dari pelaku.

Sementara itu, Kapolsek Banjarmasin Tengah, Kompol Irwan Kurniadi, S.I.K. secara terpisah mengaku bahwa pelaku sudah berhasil diamankan pihaknya dengan diback up Tim Gabungan Resmob Polda Kalsel, Jatanras Polresta Banjarmasin, Timsus Polresta Banjarmasin dan Unit Buser Polsek Banjarmasin Utara.

Malam itu kita dapat info pelaku berada di Rumah Sakit Anshari Saleh untuk berobat akibat beberapa luka yang dideritanya. Langsung kita datangi dan amankan, ” ungkap Kapolsek.

Ia pun mengapresiasi apa yang dilakukan anggotanya sebelumnya. Ia pun menyebutkan aksi berani tersebut berhasil menghindarkan perkelahian yang dapat menyebabkan korban jiwa. Padahal saat itu Bripka Herry sedang tidak bertugas.

Kalau tidak diamankan dan dilerai. Kemungkinan pelaku akan dikeroyok massa atau sebaliknya, pelaku kemungkinan juga akan melukai warga,” tutur Kapolsek Banjarmasin Tengah. (Din).