Ada Kecemburuan Sosial, Buruh GARTEKS Kabupaten Serang Demo di PT KPS

SPB - Jun 16, 2020 22:09:50

Karena dianggap terjadi kecemburuan sosial, buruh Federasi Serikat Buruh Garmen dan Tekstil dan Sentra Industri (FSB GARTEKS) Kabupaten Serang Banten melakukan aksi demo di PT Karya Putra Sukses (KPS) di Jalan Lanud Gorda, Kampung Maja, Desa/Kecamatan Kibin, Senin (15/06/2020). Dalam demo tersebut terlihat massa buruh meluapkan rasa kecewa kepada pihak perusahaan.

Faizal Rakhman Ketua DPC FSB GARTEKS Kabupaten Serang Banten mengatakan alasan buruh melakukan aksi demo, karena sekitar 95 orang anggotanya sedang dirumahkan terdampak pandemi Covid-19. Mirisnya, selama dua bulan tidak bekerja, ia menerangkan buruh tidak mendapatkan upah.

“Nah tiba-tiba, perusahaan menjalankan produksi, tapi tidak memperkerjakan buruh yang dirumahkan. Wajar saja anggota kami marah, karena yang dipekerjakan perusahaan adalah buruh kontrak. Apalagi yang dirumahkan ini sudah 2 bulain tidak mendapatkan upah,” kata Faizal saat dikonfirmasi lewat seluler, 16 Juni 2020.

Aksi demo tersebut akhirnya diterima oleh pihak perusahaan karena difasilitasi dari Kapolres dan pihak Kecamatan setempat. Dalam pertemuan mediasi itu, Faizal mengatakan pihaknya menuntut agar anggotanya dipekerjakan kembali di perusahaan. Tapi berhubung kondisi produksi belum berjalan semestinya, pihak perusahaan berjanji nantinya memperkerjakan buruh yang dirumahkan secara bertahap.

Tapi janji pihak perusahaan itu tidak langsung diamini oleh pihak buruh, karena harus ada bukti yang nyata dulu. “Pada pertengahan Juni ini rencananya mereka (perusahaan) akan memanggil 32 buruh yang dirumahkan untuk bekerja kembali. Nah kita lihat dulu komitmen pihak perusahaan, apakah menepati janji atau tidak,” ujarnya.

Kalau pihak PT KPS nantinya tidak menepati janji, Faizal menegaskan akan menurunkan massa buruh yang lebih banyak melakukan aksi demo. Serta melaporkan masalah yang terjadi ke pengawasan Dinas Ketenagakerjaan. (AH)      

 

Berita Terkait